Bagaimana Bentuk Viral Marketing yg Optimal?

5 Bentuk Viral Marketing Yang Optimal

image

Bentuk Viral Marketing – Viral Marketing adalah salah satu bentuk teknik pemasaran yang optimal untuk dilakukan. Salah satu kelebihannya adalah penyebaran produk dengan penerapan viral marketing mampu menjangkau calon konsumen dalam jangkauan yang luas. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk menjalankan viral marketing relatif murah.
  
Jika dikaitkan dengan blogging, bentuk promosi blog dengan sistem viral marketing sangat dianjurkan. Selain karena kelebihan di atas, penerapan promosi blog dengan viral marketing juga sangat cocok mengingat basis aktifitas blogging itu dengan media internet yang notabene sama dengan penerapan viral marketing yang kebanyakan sama-sama membutuhkan media internet.  Beberapa bentuk viral marketing yang dapat kita terapkan dalam promosi blog maupun promosi produk yang lain yaitu sebagai berikut: 
1. Ebook.
Ebook adalah salah media yang dapat kita optimalkan untuk berpromosi. Buatlah ebook yang menarik dan mendidik lalu kita bagi dan sebarkan kepada calon konsumen kita secara gratis. Keuntungan dari penerapan ini adalah adanya penyebarluasan nama atau keterangan produk kita yang telah dicantumkan dalam ebook tersebut.  Jika ada konsumen yang mengunduh, menyimpan, dan membagi-bagikannya kepada teman-temannya maka secara tidak langsung hal itu juga akan membuat nama produk kita dikenal oleh banyak orang. Manfaat lainnya adalah konsumen merasa senang dan dengan senang hati akan berharap akan memberikan balas jasa kepada kita nantinya. 
2. Video. 
Media lain yang dapat kita gunakan adalah video. Video ini dapat kita buat dengan materi yang menarik dan mendidik sama seperti ebook dan kemudian kita bagi-bagikan secara gratis kepada konsumen kita. Kita juga dapat memanfaatkan layanan untuk menggunggah video di internet yang memiliki potensi kunjungan untuk melihat video yang sudah kita unggah tersebut di YouTube atau situs komunitas video lainnya. 
3. Gambar. 
Penggunaan gambar sebagai media melaksanakan viral marketing juga efektif untuk dilakukan. Akan tetapi, tentu saja gambar yang kita buat untuk dibagi-bagikan secara gratis ini haruslah menarik dan menggoda konsumen untuk memiliki dan membagi-bagikannya kembali kepada teman-temannya. Penggunaan video untuk viral marketing ini adalah kita dapat menempatkan watermark yang berisi identitas produk yang akan kita pasarkan kepada konsumen. 
4. Artikel berlangganan.  Untuk menjaga koneksi dengan para konsumen agar tetap terjaga dengan baik, kita juga dapat menggunakan fasilitas artikel berlangganan melalui feed post yang ada di blog atau situs kita. Dengan adanya fasilitas ini konsumen akan selalu mendapatkan informasi seputar produk-produk yang akan kita pasarkan secara langsung melalui email mereka masing-masing. 
5. Jejaring sosial.

Media lain yang dapat kita gunakan untuk menerapkan viral marketing adalah dengan bergabung dalam situs jejaring sosial. Penggunaan situs jejaring sosial ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga, saat kita juga sudah tergabung dalam jaringan mereka maka kita akan semakin dekat dan peluang untuk memasarkan produk buatan kita akan semakin efektif dan efisien.
Viral marketing adalah teknik pemasaran yang baik dan paling dianjurkan bagi bisnis online yang sedang dalam tahap perkembangan. Alasannya adalah penggunaan viral marketing ini minim biaya dan hasil pemasarannya dapat tersebar sangat luas layaknya penyebaran sebuah virus yang tersebar cepat dan meluas kemana-mana.  Kejujuran dan integritas adalah beberapa hal yang harus kita jaga dalam viral marketing. Jangan sampai bisnis online kita hancur karena konsumen kehilangan kepercayaan kepada kita beserta produk dagangan kita karena rendahnya citra atau integritas yang kita punya.

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose