Candi Gembirowati

candi gembirowati

Gembirowati berada di dusun Watugajah, Desa Girijati, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Masyarakat sekitar menduga bawah bangunan ini adalah reruntuhan candi, akan tetapi sebenarnya merupakan sebuah pesanggrahan yang dibangun pada masa kejayaan Mataram Islam. Karena sebab itu nama dari kompleks bangunan ini sesungguhnya lebih cocok dinamakan Situs Gembirowati karena bangunan ini adalah bangunan peninggalan dari masa Islam bukan dari masa Hindu-Buddha.

Pesanggrahan situs Gembirowati berbentuk teras yang membujur dan mengarah ke barat – timur dengan penyimpangan kurang lebih 20 drajat dan menghadap ke arah selatan. Bangunan yang yang menghadap kearah selatan serta dari keberadaan situs di tempat yang cukup tinggi ini memberikan pandangan ke arah Lautan Hindia.

Gembirowati terdapat Gua Cerme yang indah karena memiliki bagian batu stalagtit dan stalagmit, sehingga kawasan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Gua ini terletak di desa Ploso, kalurahan Giritirto, dan memiliki sungai di bawah tanah pada dalam bagian dalam gua dengan panjang 1,5 km. Selain Gua Cerme, tidak jauh dari kawasan ini juga terdapat Gua Suracala, yang dikaitkan dengan sejarah dan legenda dari Sunan Amangkurat III.

Obyek wisata lain yang dekat dengan Gembirowati adalah Sendang Beji, dan menurut legenda dari warga sekitar kawasan ini merupakan tempat bertemunya Joko Tarub dan Dewi Nawangwulan..

Salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose