Candi Ijo

Candi ini juga meupakan kompleks candi Hindu yang berada kurang lebih sekitar 4 km dari Candi Ratu Boko dan sekitar 18 km sebelah timur dari kota Yogyakarta. Diperkirakan Candi Ijo ini dibangun sekitar abad ke-10 sampai dengan abad ke-11 Masehi pada masa Kerajaan Mataram Kuno.
Letak Candi Ijo berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Candi ini terdapat di lereng barat sebuah bukit dan jauh dari keramaian yang ada di kawasan timur Yogyakarta. Candi Ijo berada di atas lereng bukit dengan ketinggian 410 meter di atas permukaan laut. Karena terdapat di atas bukit yang biasa disebut Gumuk Ijo, pemandangan yang ada di sekitar Candi Ijo sangatlah indah, terutama jika Anda melihat ke arah sebelah barat, maka Anda dapat melihat kawasan persawahan dan juga Bandara Adisucipto.
Kompleks Candi ini luasnya kurang lebih sekitar 0,8 hektar, dan diperkirakan bahwa sebenarnya kompleks dari Objek wisata Candi Ijo ini jauh lebih luas dari lahan yang telah dibebaskan oleh pemerintah tersebut. Dugaan itu berdasarkan pada kenyataan yang ada ketika lereng bukit Candi Ijo yang terdapat di sebelah timur dan sebelah utara ditambang atau digali oleh penduduk, dan banyak ditemukan artefak-artefak yang berkaitan dengan candi.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose