Candi Morangan

1

Berbeda dengan Candi Banyunibo yang merupakan Candi Buddha, Candi Morangan adalah sebuah Candi Hindu yang terletak di dusun Morangan, kel. Sindumartani, kec. Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Jawa, Indonesia dan berada sangat dekat dengan Kali Gendol sekitar 100 meter ara sebelah barat dan mendekati Gunung Merapi.
Diperkirakan, Candi Morangan pertama kali dibangun antara abad ke-9 sampai ke-10 pada masa Kerajaan Mataram Kuno, satu jaman dengan pembuatan candi-candi Hindu lainnya, seperti Candi Prambanan. Candi ini ditemukan pada tahun 1982,dengan kondisi terpendam 6,5 meter di bawah tanah.
Candi Morangan memiliki banyak sekali relief yang terpahat pada batang kaki ataupun tubuh candi, terletak di antara perbingkaian atas dan perbingkaian bawah. Satu hal yang membedakan Candi Morangan dengan candi yang lain adalah adanya satu panel relief yang diperkirakan bagian dari cerita Tantri Kamandaka.
Relief tersebut menceritakan tentang seekor harimau yang tertipu seekor kambing. Hal ini cukup membuatnya istimewa karena relief ini kebanyakan hanya ditemukan pada candi yang berlatarkan belakang agama Buddha. Candi perwara yang menghadap ke timur, berdenah bujur sangkar memiliki ukuran 4 x 4. Sekarang bangunan yang dapat dijumpai merupakan bagian tubuh dan kaki candi.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose