DE ARCA STATUE MUSEUM YOGYAKARTA

Bertemu dengan Dahlan Iskan hingga Einstein di Jogja

Museum patung pertama dan terbesar di Indonesia ini diresmikan pada Desember 2014 dan terletak tepat di sebelah De Mata Trick Eye Museum. Sesuai dengan namanya, museum ini menjadi rumah bagi puluhan koleksi patung tokoh-tokoh terkemuka dengan skala 1:1. Sama halnya dengan Museum Patung Lilin Madam Tussaud, patung-patung karya seniman kenamaan Jogja, Dunadi, ini dibuat mirip seperti aslinya dengan kostum dan gestur yang sama. Hanya saja, patung-patung ini tidak terbuat dari lilin, melainkan dari resin (getah yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu) karena disesuaikan dengan keadaan iklim di Jogja.

Secara keseluruhan, museum ini terdiri dari tiga zona, yakni zona tokoh nasional, zona presiden dunia dan zona tokoh dunia. Saat memasuki museum, kita langsung berada di zona tokoh nasional dan disambut oleh beberapa tokoh pahlawan kemerdekaan. Cut Nyak Dhien, RA. Kartini, Jenderal Soedirman dan beberapa pahlawan lain tampak duduk atau berdiri santai. Sementara itu, di ujung ruangan zona tokoh nasional ini, sang maestro lukis, Affandi juga tampak tak kalah santainya. Duduk mengenakan kaos oblong merah dan sarung sambil memegang pipanya, Beliau terlihat seperti sedang memperhatikan seluruh aktivitas yang berlangsung di dalam ruangan tersebut.

Selain itu ada sosok patung Spiderman yang unik dan beda. Alih-alih berpose seperti sedang menjerat musuh, Spiderman ini malah hanya duduk menyilangkan kaki di atas sebuah bola dunia yang terlihat penyok oleh beban berat yang disangganya. Uniknya lagi, ia mengenakan blangkon lengkap dengan kain batik motif parang yang menutupi tubuh bagian bawahnya. Patung Spiderman versi jawa inilah yang menghantarkan kami sampai di zona presiden dunia. Di zona ini, beberapa presiden terkemuka seperti, Megawati, BJ. Habibie, Ratu Elizabeth 2 hingga Obama tampak berdiri dengan gagahnya.
Salam produsen tas rajut kaay’s

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose