Kali Code Yogyakarta

3

Sejak Gunung Merapi meletus pada 25 Oktober 2010 dan berangsur-angsur menyisakan bencana lahar dingin, nama Kali Code sering terangkat oleh media. Kali Code adalah salah satu sungai besar yang membelah Kota Yogyakarta. Pun dalam musibah Gunung Merapi, Kali Code adalah salah satu sungai yang dilalui aliran lahar dingin Merapi.
Sejarah
Bercerita tentang sejarah kali Code, maka tak lepas dari peran seorang budayawan, Y.B. Mangunwijaya atau yang lebih dikenal dengan Romo Mangun. Pada tahun 1970-an, Kali Code relatif tidak dapat dimanfaatkan lagi karena dipenuhi sampah rumah tangga. Karena kepeduliannya yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan di Kali Code, maka Romo Mangun melakukan suatu usaha untuk menciptakan lingkungan Kali Code yang bersih dan indah sehingga dapat menjadi sebuah alternatif tempat wisata bagi masyarakat sekitarnya.
Pertama kali, Romo Mangun tinggal di bantaran Kali Code untuk memberi contoh kepada warga setempat untuk menjaga kali dengan cara tidak membuang sampah di kali. Hasilnya, sejak saat itu banyak turis lokal hingga mancanegara yang berwisata mengunjungi Kali Code.
Sepeninggal Romo Mangun, upaya pelestarian Kali Code diteruskan oleh para pegiat sosial yang tergabung dalam Yayasan Pondok Rakyat. Yayasan ini juga aktif membangun kampung percontohan seperti Badran, Tungkak, Kricak, dan Sidomulyo, yang kondisinya sama dengan kampung Kali Code.
Organisasi sosial lainnya yang juga memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan Kali Code adalah Pemerti Code. Pemerintah Kota Yogyakarta juga berpartisipasi dalam program pemberdayaan Kali code.
Lokasi
Lokasi wisata Kali Code terletak di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Bantaran Kali Code membujur dari Jembatan Tungkak, Jembatan Sayidan, Jembatan Juminahan, Jembatan Gondolayu, Jembatan Sarjito, Jembatan Blunyah, Jembatan Ring Road Utara, Jembatan Dayu, dan Jembatan Plumbon.
Anda dapat menikmati keindahan kali Code dari atas jembatan-jembatan ini, atau Anda dapat turun ke kampung di bantaran Kali Code untuk melihat Kali Code lebih dekat, atau untuk berinteraksi dengan warga setempat. Pada malam hari, suasana Kali Code terasa indah dengan adanya lampu-lampu yang meneranginya.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose