Pantai Ngeden/ Ngedan

4

Salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul yang terbilang ‘baru’ ini adalah pantai Ngedan atau bisa juga disebut pantai Ngeden. Bukan baru karena baru diangkat di media, namun baru karena kini sudah berbenah dan tertata rapi layaknya tempat ‘wisata’ umumnya karena belum lama ini juga baru dibuka sebagai tempat wisata resmi. Pantai Ngeden/ Ngedan terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul. Pantai Ngeden/ Ngedan berada diantara Pantai Ngobaran dan Pantai gesing. Untuk menuju ke pantai ini gampang-gampang susah, gampang karena sudah ada beberapa petunjuk untukmenuju pantai ini (walaupun beberapa petunjuknya kecil dan tidak jelas), susahnya adalah ketika hampir sampai ke area Pantai Ngeden jalannya sedikit rusak, dan sedikit harus sabar, namun secara keseluruhan sudah lumayan.
Pantai ini sudah memiliki beberapa gasebo atap biru yang mungkin juga menjadi ciri dari pantai ini. Selain itu pantai ini sudah memiliki tempat sampah yang dibeberapa pantai keberadaanya sangat minim. dan jalan antar bukit yang sudah berupa jalan cor-coran sehingga memudahkan untuk para pengunjung yang ingin trekking menuju pantai jugala & Pantai Nglimun, kedua pantai ini asih 1 area dengan pantai Ngeden/ Ngedan, dan dihubungkan oleh jalan cor-coran yang membelah beberapa bukit dengan gasebo atap biru dibeberapa titik yang bisa digukanan untuk istirahat sejenak sembari menikmati indahnya pantai Ngeden/ Ngedan.
Ciri fisik pantai ini berupa karang-karang kecil yang memenuhi pantai, sehingga agak kurang nyaman ketika digunakan untuk bermain air. Namun pantai ini juga memiliki keunikan lain, yaitu spot mancing yang sudah didukung dengan gasebo sehingga untuk para pemancing tidak perlu kepanasan/ kehujanan, letaknya pun diatas bukit. Mungkin inilah daya tarik dari dapntai Ngeden/ Ngedan, dan ketika sore hari saya mengunjungi pantai ini ada beberapa pemancing di beberapa spot dan salah satunya bersama keluarga dengan perlengkapan lengkap.
Pantai Ngeden/ Ngedan bisa menjadi referensi tempat wisata untuk anda yang ingin fasilitas yang cukup lengkap namun tidak terlalu ramai, dan jika anda punya hobby mancing mungkin inilah spot yang menarik dengan fasilitas yang cukup memadai (seperti area parkir, tempat sampah, jalan yang rapi, dan gasebo atap biru).
Oiya, ada satu lagi yang saya suka dari tempat ini, yaitu tebing-tebing yang langsung memperlihatkan luasnya laut. Spot yang menarik untuk berfoto- foto namun sebenarnya juga berbahaya karena tidak adanya pembatas dan bisa retak kapan saja, walaupun kita semua tidak ingin ada hal buruk yang terjadi, namun alangkah lebik baiknya kita semua waspada dan tetap utamakan keselamatan.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose