Sumber Ponjong Water Byuur

0

Gunung Kidul dan pantai-pantainya yang cantik kini sudah menjadi primadona wisata di Jogja. Akan tetapi, jika Anda sudah bosan bermain air laut di Gunung Kidul, tak ada salahnya untuk memilih wisata air alternatif yang menawarkan kesegaran air tawar yang mungkin tidak Anda sangka-sangka ada di Gunung Kidul. Anda bisa merasakan kesegaran air tawar melimpah ruah di daerah yang dianggap minim sumber air di Water Byur di Sumber, Ponjong.
Water Byur sumber ponjong merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Ponjong Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul DIY, yang merupakan obyek wisata yang menyediakan wahana kolam renang dan pemandangan yang indah nan sejuk dipandang, Water Byur sumber ponjong yang dulunya dikenal dengan sumber saja kini telah menjelma menjadi sebuah obyek wisata andalan Desa Ponjong setelah mengalami beberapa perombakan dan perluasan tempat.
Sumber Ponjong sendiri sebelumnya hanya sebuah mata air yang digunakan warga untuk mengairi sawah, sumber air minum rumah tangga, dan sumber air untuk kolam ikan. Namun, kini warga bisa menikmati segarnya air yang diambil langsung dari mata air dalam kemasan wahana permainan air yang penuh dengan keseruan. Anak-anak pasti tak akan menolak keseruan yang ditawarkan oleh wahana permainan air ini
Dahulu sumber hanya terdiri dari beberapa kolam kecil kini telah berubah menjadi banyak sekali kolam-kolam besar yang didalamnya terdapat ikan-ikan hias dan ikan air tawar yang siap memanjakan putra-putri Anda, dan di Water Byur sumber ponjong juga terdapat kolam renang yang sangat lebar dan bagus serta para pemandu yang siap membantu Anda.
Masyarakat desa Ponjong telah berhasil menyulap Sumber Ponjong yang sebelumnya sekedar mata air untuk pengairan sawah, sumber air rumah tangga dan perikanan menjadi sebuah wahana permainan air yang seru. Sejak diresmikan tahun 2012 kita bisa menikmati serunya berenang, berseluncur dan diguyur air dari tong raksasa di Sumber Ponjong Water Byuur. Tak seperti water park pada umumnya, air dari Sumber Ponjong Water Byuur ini merupakan air yang berasal dari sumber mata air alami yang bersih dan bebas kaporit.
Dikompleks Water Byur ini sering sekali diadakan kegiatan-kegiatan wisata yang selalu diminati banyak pengunjung dan selalu membludak penonton. Pada tahun 2013 pernah dijadikan tempat perlombaan pentas seni kesenian jaranan seluruh provinsi yang ada di Gunungkidul. Water Byur diresmikan pada tanggal 6 Juni 2012 oleh Deputi Menkokesra Sujana Royat.
Begitu memasuki kawasan wahana Water Byur ini, pengunjung akan disuguhi dengan dua buah kolam renang dengan spesifikasi yang berlainan. Kolam sebelah barat mempunyai kedalaman 150 meter yang ditujukan untuk pengunjung dewasa, sementara kolam sebelah timur yang hanya mempunyai kedalaman 50 cm dibangun untuk pengunjung anak-anak. Anak-anak tak akan segan menikmati serunya bermain air di kolam anak-anak terlebih karena kolam ini dilengkapi dengan perosotan yang terjamin keamanannya untuk anak-anak. Pengunjung dewasa tak perlu khawatir tak bisa menikmati asyiknya meluncur dari perosotan karena kolam renang dewasa juga dilengkapi dengan perosotan yang lebih menantang
Setelah diresmikan tarif masuk untuk kekolam Water Byur sebesar Rp 5.000 sama ketika menaiki bebek-bebekan di Sumber Ponjong. Seiring dengan bertambahnya waktu dan kelengkapan dari sarana prasarana yang ada. Akhirnya mulai Agustus 2013 tiket masuk kearena Water Byur menjadi Rp 10.000. Untuk sekarang Water Byur sudah dilengkapi dengan arena permainan non air untuk anak-anak yang tidak suka bermain air, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 3.000. Water Byur sumber ponjong juga menyediakan paket permainan outbond seperti Fliying Fox dan permainan lainnya untuk anak-anak sampai dewasa serta wisata memberi pakan ikan dan ikan terapi.
Jika Anda sudah lelah bermain air atau hanya ingin mengawasi anak bermain air, Anda bisa duduk-duduk santai di saung-saung bambu yang disediakan oleh pengelola. Selain menikmati air kolam, pengunjung juga bisa bermain becak air dengan biaya Rp 5.000,00. Ada pula arena permainan non-air yang bisa diakses dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000,00. Pengelola juga menyediakan paket untuk permainan outbond termasuk Flying Fox. Pengunjung juga diberi kesempatan untuk memberi pakan pada ikan dan menikmati sensasi terapi ikan. Segarnya air sepertinya bukan satu-satunya kenikmatan yang bisa dirasakan pengunjung karena wahana permainan air ini berada di sekitar persawahan sehingga pun bisa menyegarkan mata dengan hijaunya pemandangan sawah.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay’s

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose