Air Terjun Kembang Soka

2

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu dari wisata air terjun yang banyak dijumpai di desa Jatimulyo Kulon Progo. Pada mulanya air terjun ini hanyalah aliran sungai biasa yang mengalir deras saat musim penghujan. Namun lama kelamaan masyarakat sekitar mengetahui potensi alam ini dan mengembangkannya sebagai kawasan wisata berbasis pedesaan.
Air Terjun Kembang Soka atau ada yang menyebutnya dengan Air Terjun Mbang Soka terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Merupakan kawasan air terjun yang memiliki bermacam-macam air terjun mulai air terjun tunggal, kembar, tertingkat, dan berundak.
Air terjun Kembang Soka ini terletak di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta. Kembang Soka ini baru mulai meramaikan dunia Peng”Air Terjun” an Yogyakarta bulan Desember 2014 lalu. Air terjun Kembang Soka langsung disambut suka cita oleh wisatawan terutama wisatawan lokal, apalagi memang air terjun ini mempunyai ciri khas yang berbeda dari air terjun yang lain yang ada di Jogja, selain itu akses menuju ke air terjun cukup mudah dan kondisi jalannya sangat baik. Namun sayangnya untuk menuju kesini butuh kendaraan karena tidak ada angkutan umum yang menuju kesini.
Air terjun Kembang Soka punya ciri khas yang unik dan membuatnya berbeda dari air terjun lainnya. Airnya yang jernih berpadu dengan batuan air terjunnya berwarna kekuningan. Terdapat banyak kolam alami di sepanjang aliran sungai Kembang Soka, dan air kolam alaminya berwarna Hijau Tosca. Menurut saya, warna air hijau tosca tersebut terjadi karena adanya pelarutan batuan dasar sungai Kembang Soka dan juga mungkin ditambah dengan efek cahaya matahari. Selain itu walau batuan air terjun dan dasar sungainya berwarna kekuningan, Tebing yang berada disisinya berwarna merah marun, sehingga itulah mengapa saya memberi judul Kembang Soka merupakan air terjun yang penuh warna. 🙂
Menyelusuri dan menikmati tingkat demi tingkat hingga berakhir di tingkat paling atas. di atas tingkat paling atas ini terdapat dua mata air yang menjadi sumber airnya Kembang Soka. Mata Air pertama yaitu Mata Air Jaran dan yang kedua masih agak ke atas mengikuti jalan setapak yang tersedia yaitu Mata Air Kembang Soka yang menjadi asal muasal nama Air Terjun Kembang Soka. Dahulunya terdapat pohon Kembang Soka yang lumayan besar, namun seiring berjalannya waktu pohon tersebut mati. Kedua sumber air ini airnya sangat terjaga, keluar dari dalam tanah cukup deras. Saya pun mencoba meminumnya dan membawa air tersebut dalam botol kosong yang saya bawa untuk bekal penjelajahan Kulonprogo sehabis dari Kembang Soka.
Fasilitas yang ada di Kembang Soka lengkap dan cukup baik, terdapat lahan parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua, terdapat pula juga kamar ganti yang bisa digunakan pengunjung. Saat mulai lapar pun tak perlu khawatir, ada beberapa penjaja makanan-minuman di sini, dan penataannya lapaknya lumayan rapi. Terdapat pula tempat pembuangan sampah yang letaknya strategis, dengan harapan wisatwan bisa membuang samoahnya di tempat tersebut. Saya salut pada pihak pengelola yang ternyata secara teratur dan tanpa disuruh melakukan pembersihan kawasan wisata air terjun Kembang Soka agar kawasan wisata selalu bersih dan nyaman dikunjungi kita, para wisatawan. Kita sebagai Wisatawan harusnya juga membantu mereka, menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Salam Produsen Tas Rajut Kaay’s

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose