Curug Nglarangan Gedangsari

0
Curug Nglarangan Gedangsari sebenarnya masih bertetanga dengan Curug Indah Tegalrejo, karena letaknya masih satu kecamatan, di Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Setelah melewati koramil di Bayat kita akan belok kanan menuju curug Indah Tegalrejo, ikuti saja, dan ketika sampai di pertigaan jika kekiri melewatu perbatasan Yogya dengan Jawa tengah yang juga merupakan jalan menuju curug Indah Tegalrejo, maka beloklah kekanan sampai menemukan SMK 2 Gedangsari, arahkan kendaraan ke SMK 2 Gedangsari terus saja sampai melewati SMP 2 Gedangsari (sebenarnya bersebelahan sih dengan SMK), dan terus saja hingga menemukan aliran sungai, dan untuk menuju Curug Nglarangan Gedangsari kita harus trekking susur sungai.
mula-mula kita harus melewati area persawahan warga, lalu dilanjutkan susur sungai. Cukup unik, karena ketika trek susur sungai kita harus lompat dari satu batu ke batu lain, bisa juga melewati aliran air, tergantung kesukaan teman-teman ketika trekking
Ketika trekking susur sungai kita akan menjumpai percabangan aliran sungai, jika kekiri kita akan akan melihat curug Tingkat Nglarangan Gedangsari, namun bukan itu tujuan awal saya walaupun mata saya cukup terkagum-kagum melihat curug itu dari kejauhan. untuk menuju Curug Nglarangan Gedangsari kita ambil jalan ke kanan ketiga menemukan percabangan, dan dari sini hingga curug, kita akan trek susur sungai (bisa juga lewat darat untuk beberapa ruas jalan, namun sedikit memutar).
Setelah kurang-lebih 20 menit trekking kita akan menemukan curug yang pertama, tidak terlalu tinggi dan memiliki 2 aliran yang bersebelahan dan memiliki kedung yang lumayan besar, disini cocok digunakan untuk istirahat sejenak setelah trekking susur sungai. Perjalanan dilanjut dengan menaiki batu disamping curug kecil ini, dan pemandangan indah bebatuan yang lebih lebar dari sebelumnya dan menutup semua permukaan tanah menjadi trek trekking berikutnya menuju ke inti dari Curug Nglarangan Gedangsari.
Sesampainya diarea Curug Nglarangan Gedangsari, kita bisa melihat 2 curug sekaligus, dimana curug yang bawah setinggi kurang lebih 2 meter dengan kolam/ kedung yang besar dan juga cukup dalam, dan dibelakangnya ada curug yang lebih tinggi (sekitar 5-8 meter). Curug yang bawah memiliki aliran yang cukup deras dengan kolam yang cukup besar, dan saya iseng mengukur kedalamannya dengan memasukkan sebilah bambu sepanjang 2,5-3 meter yang saya masukkan kedalam air disamping tempat saya berdiri dan bambu itu hampir terendam seluruhnya, dan saya beranggapan kolam/ kedung disini mungkin dalamnya sampai 4 meter atau bahkan lebih
Setelah melewati trek dibalik bambu-bambu akhirnya sampai di curug yang paling atas, curug dengan aliran menyamping ini memiliki kontur bebatuan yang miring, seperti pelosotan di taman bermain. Disini semuanya serba batu, semuanya batu jadi sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan curug Curug Nglarangan Gedangsari yang masih sangat alami, karena treknya lumayan sulit, jadi siapkan bekal dan sandal/ sepatu yang ‘sehat’ untuk perjalanan yang lebih nyaman.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose