Goa Selarong

1

Goa Selarong adalah sebuah tempat wisata goa di Jogja yang patut dikunjungi, terlebih bila Anda adalah pecinta wisata goa. Tempat wisata di Jogja yang satu ini dikenal pula sebagai salah satu tempat wisata religius di Jogjakarta. Banyak pengunjung datang ke Goa Selarong untuk melakukan meditasi dan aneka ritual lainnya.
Goa Selarong adalah tempat di mana perjuangan Pangeran Diponegoro berpusat, yang menjadi markas gerilya dalam peperangan melawan penjajahan Belanda. Oleh karena itu, Goa Selarong menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang menarik untuk di kunjungi.
Bagi sebagian orang, goa ini masih memiliki nilai mistik dan mengandung misteri. Inilah sebabnya mengapa Goa Selarong menjadi sebuah tempat yang erat kaitannya dengan hal-hal religius.
Salah satu objek wisata Jogja ini juga memiliki acara tahunan yang dikenal sebagai Grebeg Goa Selarong. Acara ini adalah untuk mengenang hijrahnya Pangeran Diponegoro ke Goa Selarong. Hari hijrah Pangeran Diponegoro ini juga telah dijadikan sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Bantul.
Pangeran Diponegoro (1785 – 1855) adalah putra sulung Sultan Hamengkubowono III (1769 – 1814). Uniknya, Pangeran Diponegoro tidak memiliki ambisi untuk menjadi raja. Sang Pangeran lebih memilih untuk hidup bersama rakyat dan tinggal di Desa Tegal Rejo.
Dalam fase perjuangannya melawan penjajah Belanjda, suatu ketika di tanggal 20 Juli 1825 Pangeran Diponegoro dan pengikutnya dikepung Belanda di Desa Tegal Rejo. Pengepungan tersebut tidak berbuah penangkapan sang pangeran karena Pangeran Diponegoro bersama para pengikutnya menyingkir ke Goa Selarong. Tempat inilah yang kemudian menjadi pusat perjuangan gerilya melawan penjajah.
Produsen Tas Rajut Kaay’s

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose