Kedung Pedut

0

Kedung Pedut, nama salah satu air terjun cantik di Kulonprogo, tepatnya di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Saya bilang “cantik” karena air terjun ini mempunyai dua warna, warna putih jernih dan hijau tosca. Sempat tidak percaya melihat hasil jepretan teman di air terjun tersebut, dua warna mungkin pengaruh editan, ternyata hal tersebut salah. Dua warna pada air terjun ini memang alami begitu adanya.
Kedung Pedut merupakan salah satu dari beberapa curug yang berada di Kecamatan Girimulyo. Secara administratif, obyek wisata ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Berdasarkan penuturan warga setempat, obyek wisata ini sebenarnya sudah cukup lama ada. Namun, pengelolaan secara serius dan pembangunan infrastruktur secara swadaya di sekitar kawasan wisata baru dilakukan Januari 2015 kemarin. Lokasi parkir, toilet, tempat ibadah, warung-warung, papan petunjuk, jalan setapak, tangga, dan penyewaan pelampung merupakan beberapa fasilitas baru yang menurut saya sudah sangat lengkap. Sekedar saran, alangkah lebih baiknya jika para wisatawan membeli jajan/ makanan ringan di warung-warung yang berada di sekitar kawasan wisata daripada membeli di minimarket. Hal ini tidak lain juga untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
Ketika tiba di Kedung Pedut, para wisatawan akan dimanjakan dengan suasana khas pedesaan di perbukitan menoreh. Setelah tiba di lokasi parkir, perjalanan dilanjutkan dengan meyusuri jalan setapak naik turun sekitar 10 menit. Udara segar, rimbunnya pepohonanan, dan suara gemercik air akan menemani perjalanan para wisatawan hingga tiba di lokasi curug. Terdapat banyak warung di kanan kiri jalan setapak yang menyediakan jajanan tradisional seperti legen, geblek, tempe benguk, dan aneka gorengan. Setibanya di curug, pandangan kita akan dimanjakan dengan jernihnya air pegunungan dan beberapa kolam betingkat yang tentu sangat menggoda untuk bermain air. Berdasarkan informasi warga, air di Kedung Pedut ini ternyata masih satu aliran dengan taman mudal dan kembang soka yang berada di atasnya.

Aksesibilitas :
Obyek wisata ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun saya sarankan untuk menggunakan roda dua. Hal ini karena jalan mendekati kawasan akan semakin kecil dan naik turun meskipun sudah beraspal. Jika ingin menggunakan kendaraan roda empat, pastikan driver sudah berpengalaman dan terbiasa dengan jalanan yang naik turun.

Rute menuju air terjun Kedung Pedut dari Tugu Jogja ambil arah ke Barat – Perempatan Bangjo (Lampu Lalu Lintas) Ringroad Barat Demak Ijo – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan pegunungan menoreh – mentok pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo – Pasar Jonggrangan – Goa Kiskendo – Pertigaan setekah Goa Kiskendo ambil kiri – Pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri – Air Terjun Kembang Soka – Pertigaan Setelah Gerbang Masuk Air Terjun Kembang Soka ambil kiri – Air Terjun Kedung Pedut.
Salam Produsen Tas Rajut Kaay’s

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose