Pantai Pringjono

0

pantai Pringjono masuk dalam wilayah Desa Krambitsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Belum diketahui secara jelas penamaan pantai Pringjono namun tebakan liar saya mungkin dulu ada sejenis Bambu (dalam bahasa jawa: Pring) disekitar atau menuju Pantai ini. seperti penamaan pantai Dadapan di Wonogiri karena terdapat pohon Dadap di tepi pantainya. Karena letaknya tersembunyi, pantai ini bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin menjauh dari keramaian pantai Ngobaran dan Nguyahan yang ramai.
Rute ke pantai Pringjono cukup mudah kok, dari kota Jogja kita hanya tinggal membawa kendaraan mengikuti petunjuk jalan menuju Pantai Ngobaran atau Nguyahan. Dari Kota Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Bintang – Ambil lurus Perempatan Patuk (ada pos polisi) – Rest Area dan Hutan Bunder – Pertigaan Bandara Udara Gading ambil kanan (ada petunjuk ke Pantai Ngobaran) – mentok di pertigaan Pasar Playen ambil kanan – ikuti jalan tersebut kita akan melewati Hutan Suaka Margasatwa Paliyan – setelah melewati Suaka Margasatwa akan banyak petujuk jalan menuju pantai Ngobaran, ikuti saja petunjuk tersebut.
Jika bingung dengan jalan yang kalian tempuh jangan malu bertanya warga setempat ya :). Sesampainya di Kawasan Pantai Ngobaran atau Nguyahan siapkan perbekalan dan dari sinikita mulai tracking berjalan kaki menuju pantai Pringjono. Dari bukit baratnya pantai Nguyahan, terdapat jalan setapak menuju arah selatan. Ikuti jalan tersebut yang nantinya membawa kita menaiki bukit barat pantai Nguyahan. Setelah berada di atas bukit kita akan menjumpai jalan setapak yang ditumpuk bebatuan, ikuti jalan berbatu tersebut sampai bertemu jalan rambatan kecil yang menuju ke bawah arah laut yang terlihat (Jangan mengikuti jalan berbatu tersebut sampai habis karena tidak mengarah ke pantai tapi ke ladang warga). Alhamdulillah, saat kami berjalan menuju pantai Pringjono, kami ditemani warga setempat yang ingin ke ladangnya dan ladangnya kebetulan berdekatan dengan Pantai Pringjono. Setelah sekitar 20 menit berjalan kaki dari pantai Nguyahan, kami sampai juga di pantai Pringjono.
Sepi, sunyi hanya suara deburan ombak dan suara dedaunan yang diterpa angin saja. menyelusuri pantai ini dari ujung ke ujung yang tidak terlalu panjang. Pantai ini mempunyai karakter yang sama dengan pantai Gunungkidul lainnya, berpasir putih, jika laut sedang surut banyak biota laut seperti ikan-ikan kecil yang hidup di sela-sela terumbu karang. Keunikannya pantai ini pantai ini banyak batu karang besar yang berserakan di sisi sebelah timurnya, sepertinya batuan tersebut hasil patahan dari bukit tinggi yang ada di belakangnya. Terdapat pula banyak pohon Keben, salah satu pohon yang punya bunga dan buah yang unik serta merupakan pohon khas daerah Yogyakarta yang mudah kita jumpai di Halaman Kraton Yogyakarta. Di sisi sebelah barat terdapat batu-batu besar berbentuk agak bulat berserakan begitu saja, batu-batu tersebut kerap berbunyi dan bergerak ketika diterpa ombak. Pantai ini mempunyai pasir yang lembut dan dipasirnya tersebut masih bisa di jumpai umang-umang atau keong laut yang sedang berjalan kesana kemari dan bersembunyi di dalam rumahnya.
di pantai yang tidak ada fasilitas apapun, jika anda ingin berkunjung kemari bawalah bekal secukupnya atau bisa membelinya di penjual makanan-minuman di pantai Nguyahan atau Ngobaran.

salam Produsen Tas Rajut Kaay

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose