Wisata Kaliurang Jogja

Di kawasan wisata Kaliurang, tedapat banyak tempat membeli makanan. Untuk urusan yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Akan sangat tepat jika Anda juga turut mencoba sejumlah kuliner khas Kaliurang, beberapa di antaranya adalah sate kelinci dan makanan lainnya.
Oleh-oleh khas Kaliurang yang paling sering dibeli wisatawan yang datang ke sana adalah jadah dan tempe bacem. Jadah ini adalah makanan tradisional yang terbuat hanya dari beras ketan. Sementara tempe bacem adalah tempe yang dimasak dengan bumbu utama gula merah.
Jika Anda bersama keluarga atau datang dalam sebuah rombongan wisata ke Kaliurang, jangan pula lewatkan untuk menaiki sebuah kereta unik, masyarakat lokal menamainya Kereta Kelinci. Kereta ini akan membawa Anda dan rombongan mengitari kawasan Kaliurang. Anda dapat menemukan Kereta Kelinci ini di terminal Kaliurang.

Kereta Kelinci di Kaliurang

0

Untuk satu kali putaran, rute yang akan dilewati adalah terminal Kaliurang – Taman Bermain – Gardu Pandang – Wisma Kaliurang – Bumi Perkemahan – Taman Wisata Plawangan Turgo. Soal harga, jangan khawatir sebab ongkosnya sungguh murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3 ribu per orang untuk dapat menikmati perjalanan menggunakan Kereta Kelinci ini.
Tidak hanya Kereta Kelinci, Anda dapat menyewa mobil Land Rover yang akan membawa Anda berpetualang mengelilingi Kaliurang, dari area terjangan lahar Merapi hingga ziarah ke makam Mbah Marijan. Tersedia sejumlah pilihan rute yang diinginkan dan satu mobil dapat menampung hingga 7 orang.
Bagi Anda yang suka untuk berkemah, di Kaliurang juga terdapat bumi perkemahan yang dapat Anda gunakan. Lazimnya, bumi perkemahan ini dipergunakan bagi acara camping anak-anak Pramuka. Namun, tempat ini juga sangat terbuka bagi siapapun yang ingin menikmati camping di Kaliurang.
Area wisata Kaliurang juga memiliki sejumlah tempat peribadatan bagi Anda, dari masjid hingga gereja dapat Anda temukan di Kaliurang. Salah satu spot menarik dan kerap menjadi kunjungan religi para wisatawan adalah Bukit Doa Emalta. Inilah tempat di mana wisatawan yang beragama Nasrani datang dan berdoa di tempat ini.
Jika Anda masih ingat pelajaran sejarah, maka di Kaliurang ini pula pernah terjadi sebuah peristiwa sejarah, yakni perundingan khusus antara Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada tanggal 13 Januari 1948 yang melahirkan sebuah notulen yang disebut dengan Notulen Kaliurang. Bangunan yang menjadi tempat perundingan tersebut terkenal dengan nama Wisma Kaliurang.
Produsen Tas Rajut Kaay’s

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

You might also likeclose